Puluhan CEO Media Dalam Forcem Dideklarasikan
El Wahyudi P: Media Dituntut Menyuarakan Calon Pemimpin Berintegritas dan Bukan ABS
Penulis: Yulianus | Kamis, 07 September 2017 | 20:16 WIB Dibaca: 60 kali

Belasan Media yang tergabung dalam Wadah Force CEO Media di Deklarasikan

PEKANBARU, Ungkapriau.com- Belasan Pimpinan Perusahaan Penerbit Surat Kabar Media Cetak maupun Media Elektronik (Online) yang tegabung dalam wadah Forum CEO Media, di Deklarasikan di Pekanbaru, Rabu (6/9/2017). Bertempat di HOTEL ARYADUTA Lantai-II ROEM Suligi, Jln. Diponegoro Pekanbaru Riau, Rabu (6/9/2017).

Tujuan mendeklarasikan belasan Media yang tergabung dalam Forum CEO Media (Forcem) itu, untuk memberitahukan kepada masyarakat Riau, Wadah Forcem CEO Media telah syah berdiri di Pekanbaru dengan memiliki legalitas Badan Hukum Notaris Oktalinda, SH. Mkn, No. 09, 21 Agustus 2017, dan Dirjend AHU No: AHU-0012613.AH.01.07.Tahun 2017, tanggal 25 Agustus 2017.

Demikian acara Deklarasi Belasan CEO Media ini dipandu oleh Amponiman Batee (Ceo Riausidik.com) dengan diawali Doa dari Pdt. B. Waruwu, dilanjutkan kata pengantar sekaligus pembacaan Deklarasi oleh David Leo Lase (Ceo Faktapost.com) serta dilanjutkan pada kata-kata sambutan dari Tokoh Pers Riau, El Wahyudi Penggabean, MH selaku Wartawan Seior.

Sebelum penyampaian kata-kata sambutan dari El Wahyudi MH, Yosman Matondang (PWRI-B), Tokoh Nias Riau, Dsr. Sizifao Hia M.Si, Manta Wabub Kampar, Ibrahim Ali. Terlebih dahulu, David Leo Lase selaku deklarator membacakan kepada hadirin tentang maksud dan tujuan didirikannya Forcem.

"Forcem didirikan atas beberapa tahap dilalui pertemuan dan rapat-rapat kecil di kedai-kedai kopi. Nah, disana ditimbulkan ide untuk dibuat Grup WatsApp CEO TEAM dan setelah berlangsung lama pertemuan kemudian muncul lagi ide baru untuk merubah Nama Grup CEO TEAM menjadi Forum CEO Media (Forcen)," kata David Leo Lase sembari memberitahukan awal wacana, rencana dan realisasi Forcem  didirikan hingga pembuatan berupa legalitasnya menjadi wadah Forcem CEO Media.

Dikatakanya, CEO Media yang tergabung dalam Forcem memiliki anggota sebanyak 18 CEO Media yang telah sepakat bersatu membangun kebersamaan untuk memperjuangkan kesejahteraan Media serta meningkatkan profesionalisme Pers dalam mewujudkan cita-cita UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers.

Deklarasi Forcem CEO Media yang dibacakan David Leo Lase, mengutip suatu petikan agar CEO Media (Forcem) bersatu memberikan kontribusi dalam memberikan kecerdasan publik secara nasional hingga teradopsi partisipasi masyarakat dalam pembangunan nasional dan daerah. 

Disamping itu juga, David Leo Lase menyerukan CEO Media yang telah di Deklarasikan di dalam Forcem untuk bersatu menolak media penyebar hoax yang menyesatkan dan merusak generasi dan keberagamaan budaya bangsa.

Anotona Nazara, SE (CEO Tabloid Bidik) yang dipercaya mengemban amanah swbagai Ketua Forcem untuk periode peryama berdirinya Forcem 2017-2022, mengaku Deklarasi Forcem pada hari ini merupakan wujud kebersamaan belasan para pemimpin media di Riau.

Menurutnya, didirikanyan wadah Forcem ini bukan kepurutasan perorangan dan atau peribadi melainkan adanya kesepahaman pemikiran dan tujuan, akhirnya sepakat untuk dibungkus dalam sebuah komunitas dan diberi nama yaitu Forum CEO Media (Forcem).

"Ini bukan hanya inisiatif saya pribadi, namun beberapa rekan-rekan para ceo media, kemudian kami gelar beberapa kali pertemuan dan terbentuklah Forcem dan dilakukan Deklarasibpada hari ini," jelasnya.

Ia menambahkan dalam kata Sambutannya. Deklarasi Forcem hari ini bukanlah sebuah hal keistimewaan. Namun, sebuah kerinduan dan dorongan khususnya bagi rekan-rekan Ceo media untuk lebih memotifasi kami dalam mengelola media yang lebih baik dan benar sebagai mana tujuan visi misi Forcem.

Untuk itu, dengan terlaksanannya Deklarasi Force CEO Media pada hari ini. Atas nama Ketua Forcem mengucapkan terimakasih kepada rekan-rekan yang telah memercayakan saya sebagai ketua di periode ini.

"Mari bersama-sama memperjuangkan kepentingan Forcem. Bila tugas yang berat ini di tumpahkan dipuncak seorang Ketua tentu sulit terealisasi dan kepada undangan kami yang telah bersedia hadir pada acara deklarasi ini, semoga kebaikan bapak-ibu diberkati Tuhan," kata anazara mengajak.

Sementara itu, Tokoh Pers dan Senior Wartawan Riau, Drs. Wahyudi El Panggabean, MH, mengagumkan di jaman persaingan global ini Forcem CEO Media bisa berdiri dan di Deklarasikan. Untuk itu, saya mengucapkan selamat kepada Forcem CEO Media. Semoga kehadiran Force ini dapat mempersiapkan diri dalam menghadapi persaingan yang begitu sulit dipungkiri diera globalisasi ini.

"Persaingan anatar Media yang tumbuh mekar saat ini menjadi tantangan besar bagi Forcem dalam menuntun Media-media yang di pimpin oleh masing-masing CEO Media di Forcem menjadi profesional," harapnya.

Disisi lain, Direktur Eksekutif Lembaga Pemantau Media, Riau Media Watch (RMW) ini, menekankan dalam sindirannya. Integritas beberapa kepala daerah diriau yang berakhir tragis, tiada lain salah satu kelalaian media.

"Ya, kelelaian media dalam mengumbar dan mempromosikan Sejumlah kepala daerah di riau bahkan di sumut berakhir/berkantor didalam penjara, salah satu faktornya kelalaian media," katanya. 

Apapun yang kita lakukan di dunia ini ada wasit yang tidak pernah tidur. "Tuhanlah Wasit yang tidak pernah tidur itu dan terlebih kita selaku media yang di tuntut menyuarakan calon pemimpin yang benar-benar memiliki integritas, bukan asal bapak senang (ABS)," kata Wahyudi.

Wahyudi dalam pengamataannya, mengakui sejumlah media di riau masih dikendalikan oleh penguasa. "Ini tidak bisa dipungkiri, ditengah pembiayaan perusahaan tersebut begitu besar, kerap independensi media di nomor duakan. Ini sangat prihatin. kepada Forcem yang telah di Deklarasi pada hari ini agar media-media yang tergabung didalamnya, meski tergolong menengah, ambilah kesempatan itu untuk melahirkan pemimpin berintegritas sehingga terhindar dari bui," tutup Wahyudi.

Sementara Yosman Matondang selaku Ketua DPD PWRI-B dalam sambutannya mengingatkan media untuk tidak takut memberitakan yang benar. "Silahkan, apakah jelang pilkada atau tidak, selama ada data/bukti jangan segan-segan melaksakan tugas jurnalistik demi kebenaran dan keadilan," tegas Matondang seraya menambahkan untuk tetap mempedomani UU Pers dan Kode Etik Jurnalistik.

Yosman yang juga tokoh pers riau ini tidak lupa memberikan apresiasi kepada pengurus yang baru medeklarasikan diri ditengah hiruk pikuknya tantangan media saat ini.

"Selamat dan memberika apresiasi kepada pengurus, inisiatifnya mendirikan sebuah komunitas media di riau, semoga membawa dampak positif bagi kita semua," Yosman mengakhiri.

Tokoh Nias Riau, Drs. Sozifao Hia, M.Si dalam sambutannya mengaku bangga dengan berdirinya Forcem. "Kita saksikan pada hari ini deklarasi Forcem dilaksanakan, kita bangga sebuah langkah maju bidang media, untuk pembangunan riau khususnya nasional pada umumnya," kata Sozifao Hia.

Drs. Sozifao Hia, M.Si yang juga Ketua DPD HIMNI Riau ini, pihaknya tidak penapik dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung. "Berdirinya Forcem ini, kita berharap selain mendukung program pembangunan di riau, juga Forcem saya mengajak agar mendukung program kepulauan nias dalam publikasi," ajak Sozifao Hia.

Untuk program kepulauan nias lanjut Sozifao Hia, saat ini kembali telah dikukuhkan Badan Pengurus Pembentukan Provinsi Kepulauan Nias.

"Pengukuhannya pada Sabtu (2/9/2017) lalu di Taman Yaahowu, Kota Gunungsitoli-Sumut, dan ketuanya oleh Mayjen TNI (Pur) Christian Zebua. Mohon dukungan Forcem kedepan tentu dalam hal publikasi," harap Sozifao Hia, sambil menyampaikan selamat buat pengurus Forcem semoga menjadi berkat bagi semua.

Turut hadir dalam acara deklarasi ini, selain nama-nama diatas seperti : Mantan Wakil Bupati Kampar, Ibrahim Ali, Drs. PH Sitompul (Sekreatris PWRI-B), Tommy FM Simanungkalit, SH (Praktisi LSM juga Pengamat Publik), Amponiman Batee (mewakili DPP IKNR) Toolo Bago (Ketua Umum Ikranis), Yarisman Zendrato (Ketua DPC GWI Pelalawan), Faonasokhi Lahagu (Ketua Lsm).

Selanjutnya 12 pendiri Forcem selain nama tersebut diatas, turut hadir yakni : Ronny Batee (Ceo Mediatransnews.com), Yulianus Halawa (Tabloid Ungkap Riau), Emos Gea (Ceo Riaukontras.com), Saudara Hondro (Ceo Hebatriau.com), Martinus Hulu, (Ceo Siagaonline.com), sementara Sefianus Zai (Ceo Zonariau.com), Dra. Adelina Sitompul (Ceo Bidikonline.com), Hadirman Halawa (Ceo Mimbarkita.com) berhalagan hadir dan Yulius Halawa (Ceo Realitaonline.com) berhalangan karena sakit. ***

*
[ Kembali ]
Berita Lainnya
3 Orang Kabag dan 1 Kapolsek Disertijabkan
Kapolresta Pekanbaru Harapkan Pejabat yang Baru Dilantik Bisa Miliki Inovasi
Kota PKU Diguyur Huja Deras Sampai Malam
Polantas Resta Pekanbaru Bantu Kendaraan Warga Yang Terjebak Genangan Air
Polresta Pekanbaru
Ajak Pelajar Berprestasi Jadi Polisi
Sebelum Ops Zebra Siak 2017 Digelar
Srikandi Polwan Polresta Pekanbaru Taja Sosialisasi Di Area Car Free Day
Dalam Rangka Ops Siak 2017
Polresta Pekanbaru Gelar Rapat Eksternal Dengan Instansi
Home | Politik | Ekonomi | Olahraga | Pendidikan | Budaya | Hukum | Hiburan | Nasional | Internasional | Galeri Foto | Tokoh | Opini | Pekanbaru | Pelalawan | Dumai | Bengkalis | Siak | Kampar | Inhu | inhil | Kuansing | Rohul | Rohil | Meranti | Surat Pembaca | Redaksi