Penuh Sukacita
Perayaan Natal Oikoumene Kab.Pelalawan 26 Desember 2017 Berjalan Baik dan Penuh Hikmat
Penulis: Redaksi UNGKAP | Rabu, 27 Desember 2017 | 20:51 WIB Dibaca: 574 kali

docc. Perayaan Natal OIKOUMENE 26 Desember 2017 Kabupaten Pelalawan di Sopo Godang Pake Jl.Lingkar Kecamatan Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan-Riau

PELALAWAN, ungkapriau.Com- Sukacita perayaan Natal OIKOUMEN Kabupaten Pelalawan, 26 Desember 2017 di Gedung Sopo Pane Jl.Lingkar Kelurahan Kerinci Timur, Kecamatan Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan-Riau, berjalan dengan penuh sukacita dan kekeluargaan.

Hadir dalam perayaan Natal Oikoumene Kabupaten Pelalawan, Wakil Ketua I DRPD Kabupaten Pelalawan, Supriyanto Sp, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Fadhil Harahap, Sekretaris Daerah (Sekda), Tengku Mukhlis, dan 3 orang Anggota DPRD lainya yakni Monang Pasaribu, Rustam Sinaga, Eliman Manurung, Perwakilan Gereja-Gereja se Kabupaten Pelalawan dan Ribuan Jemaat lainnya.

Perayaan Natal Oikoumene Kabupaten Pelalawan tahun 2017 di mulai pukul 16:00 Wib, bertempat di Gedung Sopo Pane Jl.Lingkar Kel. kerinci Timur Kecamatan Pkl Kerinci, Selasa (26/12/2017) dan di meriahkan 3 orang Artis ASIO STAR dari Jakarta.

Acara Natal Oikoumen Kabupaten Pelalawan dimulai dari prosesi memasuki ruangan oleh Hamba Tuhan dan para pengurus Gereja dari perwakilan Gereja masing-masing yang ada di wilayah Kabupaten Pelalawan.

Laporan Ketua Panitia pelaksanaan Natal Oikoumene Kabupaten Pelalawan, Pdt.  Edwart Aritonang S.Th menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh undangan dan masing-masing perwakilan gereja yang ada di Kabupaten Pelalawan.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Pdt DR. Robin Butar-butar (Ketua Rapat Pendeta HKBP) yang telah berkenan datang dan menjadi Pengkotbah dalam perayaan Natal Oikoumene Kabupaten Pelalawan 26 Desember tahun 2017 di Kabupaten Pelalawan.

Untuk itu, saya selaku Ketua Panitia mengajak seluruh hadirin untuk bersukacita dalam memuliakan nama Tuhan Allah dan terlebih dengan kehadiran Bupati Pelalawan, M Harris yang diwakili Sekdakab Pelalawan, Tengku Mukhlis, Wakil Ketua DPRD Pelalawan, Supriyanto SP dan 3 orang Anggota DPRD lainnya yakni Monang Pasaribu, Ir. Rustam Sinaga dan Eliman Manurung, Tokoh Masyarakat dan para undangan lainnya seperti utusan Gereja-gereja (Pendeta) se Kabupaten Pelalawan.

Dalam kesempatan ini juga saya meminta terima kasih kepada seluruh Panitia yang telah berupaya hingga pelaksanaan perayaan natal oikoumen ini dapat berjalan dengan baik dan sukses, untuk itu mari kita mendoakan pemimpin kita, Pemimpin pemerintah mulai dari RT/RW/ Kades/Lurah, Caamat, Bupati, Gubernur dan Presiden agar pemimpin kita itu diberi kekuatan dalam mensejahterakan rakyat Indonesia dan khususnya kita masyarakat Kabupaten Pelalawan.

Ir. Rustam Sinaga, mewakili tokoh masyarakat mengucapkan selamat datang kepada Pdt. DR. Robin Butar-butar selaku Ketua Rapat Pendeta HKBP, Sekretaris Daerah (Sekda), Wakil Ketua DPRD Pelalawan, Ketua FKUB dan seluruh jemaat lainnya.

Dalam kesempatan ini saya sampaikan kegiatan ini dibantu dari aspirasi masyarakat, untuk itu, saya mewakili tokoh umat kristiani memiminta dan meminta kepada Bupati Pelalawan, Ketua DPRD Pelalawan untuk memperhatikan kegiatan ini sebagai bentuk kebersamaan umat kristiani di daerah Kabupaten Pelalawan.

Perlu juga kami sampaikan, acara Perayaan Natal ini akan dilaksanakan pada Tahun 2018 mendatang di PGID se Kabupaten Pelalawan, untuk itu, kami meminta dukungan penuh Pemerintah daerah Kabupaten Pelalawan.

“Kami mengakui, tanpa dukungan penuh Pemerintah tentu acara sebesar ini sulit terlaksana,” ungkap Rustam sembari meminta bantuan Pemda Pelalawan mendukung.

Sementara itu, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Pelalawan, Ir. H. Fadil Harahap mengucap syukur kepada seluruh hadirin Perayaan Natal Oikoumene terlihat kompak dan berkumpul untuk bersukacita merayakan Natal Oikoumen Kabupaten Pelalawan.

Saya atas nama Ketua FKUB, secara khusus ini saya sampaikan Kepada Sdr. DR.Butar-butar selaku Ketua Rapat Pendeta HKBP yang telah jauh-jauh dari Jakarta ke Kabupaten Pelalawan bertindak sebagai Pengkotbah, mudah-mudahan kehadirannya memberikan nilai positif untuk kedamaian bagi umat kristiani  melalui jabaran kotbahnya kepada jemaat.

H.Fadil Harahap, melalui Natal Oikoumene Pelalawan ini menjadi modal untuk memperkuat sikap jujur, tulus, dan ikhlas dalam meningkatkan persatuan dan kesatuan dalam penyemangat kebangkitan dan kemajuan masyarakat umat kristiani di Kabupaten Pelalawan-Riau.

Di Gedung Sopo Pane, Ketua BPMJ Jemaatn BNKP Efrata Pangkalan Kerinci, Drs. Sozifao Hia M.Si menyampaikan bahwa  kemuliaan dan hormat hanya kepada Tuhan, atas pertolongan-Nya acara Perayaan Natal Oikoumene 26 Desember 2017 berlangsung dengan baik dan penuh sukacita dan kekeluargaan.

Mantan Anggota DPRD Pelalawan dari Politisi PDIP ini mengatakan, Kehadiran warga gereja di masing-masing wilayah sector sungguh menyenangkan dan membanggakan Panitia karena para undangan dan perwakilan Gereja-gereja  memenuhi Gedung Sopo Pane dan Tenda yang disediakan yang di perdiksikan mencapai 1500 orang jemaat.

“ini suatu kebanggaan Panitia dan di tambah dengan kehadiran Forkompinda Kabupaten Pelalawan dan teristimewa Khotbah dari Bapak DR. Robin Butarbutar sungguh sangat mendalam dan menyentuh semua sendi-kehidupan dan memperjelas magna Natal yang sesungguhnya: DAMAI SEJAHTERA KRISTUS YANG MEMERINTAH HATI KITA,” jelas Hia. 

Lebi lanjut Sekretaris Panitia Natal Oikoumene ini mengatakan, melalui momen Natal ini segenap komponen di jajarannya diajak terlibat membangun akhlak serta meningkatkan iman demi masa depan lahir dan batin seluruh umat kristiani, 

Sambungnya, di hari yang penuh kebaikan ini, Dia mengajak seiman untuk tetap semangat dalam bekerja guna mengembalikan kejayaan sebagai umat beragama. 

Pada perayaan Natal Oikoumene yang berlangsung hikmad dan penuh rasa kekeluargaan itu, mengangkat tema Hendaklah Damai Kristus memerintah Dalam Hatimu (Kolose 3: 15a) dengan Sub Thema: Sebagai Anak Bangsa Kita Tingkatkan Kualitas dan Integritas Mendukung Pembangunan Nasional di Kabupaten Pelalawan.

Perayaan natal mulai dari acara ibadah hingga hiburan berlangsung lancar, aman, kondusif . Usai ibadah perayaan natal hadiri Bupati Pelalawan HM Harris yang diwakili Sekda Tengku Muhklis, Wakil Ketua DPRD Suprianto SP, Ketua FKUP H Fadil Harahap, Bimas Kristen Depag Naibaho, Anggota DPRD Ir Rustam Sinaga, Monang Pasaribu, Eliman Manurung, Puluhan Pendeta, Pastor, Pimpinan Gereja, dan ribuan jemaat.

Bupati Pelalawan HM Harris, tidak hadir dan menitip salam selamat natal. Karena masih di Jakarta dalam tugas rencana pencalonannya menjadi Gubernur Riau Pilkada 2018. Sambutannya disampaikan Sekda Tengku Muhklis.

Dikatakannya, "Terima kasih atas kondusifnya kabupaten Pelalawan. Terjadinya toleransi beragama yang cukup baik. Bersama membangun kabupaten Pelalawan dengan perbedaan dan berbagai potensi untuk kemajuan dan kesejahteraan rakyat" ujar Sekda.

Disampaikannya sebagai pesan natalnya, bahwa "perbedaan adalah sebuah keniscayaan Tuhan" kita memang berbeda. Tuhan sengaja menciptakan berbeda, maka kita haruslah menghormati perbedaan itu. Masyarakat kabupaten Pelalawan mempunyai perbedaan, termasuk juga dalam perayaan oikumene ini terdiri dari berbagai gereja. Ini adalah yang di buat Tuhan kita berbeda. Kita harus menghormati perbedaan untuk kebersamaan. 

Karena Kebersamaan hanya akan terwujud, jika kita mau menghormati perbedaan. Hilangkan buruk sangka, saling komunikasi dan keterbukaan. Kebersamaan dan tujuan kita untuk membangun masyarakat, dan kami dari pemerintah mengucapkan Selamat Natal kepada umat yang merayakan.

Pantauan ungkapriau.Com dalam Perayaan Natal Oikoumene Kabupaten Pelalawan tanggal 26 Desember 2017 berakhir dengan pemberian Bingkisan Natal kepada 36 Hamba Tuhan (Pendeta) di seluruh Gereja-gereja yang ada di bawah naungan 3 organisasi Gereja yang antara lain PGID, Krismatik dan Hati Kudus Paroki Gereja Katolik.

Penyerahan bingkisan Natal ini, Panitia Perayaan Natal Oikoumnen Pelalawan meminta kesediaan Sekretaris Daerah (Sekda) Kab.Pelalawan, Tengku Mukhlis, Wakil Ketua DPRD Pelalawan, Supriyanto SP, Ketua PGID Pelalawan, Pdt. T. Lafau S.Th, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Ir. H. Fadil Harahap, Anggota DPRD Pelalawan, Monang Pasaribu, Ir. Rustam sinaga dan Eliman Manurung. Yul

*
[ Kembali ]
Berita Lainnya
Korupsi Bansos Bengkalis, Polda Riau Periksa TAPD Bengkalis
Diamankan, Oknum Anggota Polsek Tenayan Raya Diduga Terlibat Narkoba
Home | Politik | Ekonomi | Olahraga | Pendidikan | Budaya | Hukum | Hiburan | Nasional | Internasional | Galeri Foto | Tokoh | Opini | Pekanbaru | Pelalawan | Dumai | Bengkalis | Siak | Kampar | Inhu | inhil | Kuansing | Rohul | Rohil | Meranti | Surat Pembaca | Redaksi