Bupati Rokan Hilir
H. Suyatno: Sejumlah Pariwisata Alam Rohil Menyapa Wisatawan Lokal dan Manca Negara
Penulis: Redaksi UR | Kamis, 09 Mei 2019 | 00:07 WIB Dibaca: 92 kali

Doc foto Bupati Rokan Hilr H Suyatno menjelaskan sejumlah pulau yang ada di daerah Kabupaten Rokan Hilir memiliki potensi pariwisata yang menarik dikunjungi oleh wisatawan lokal dan manca negara

ROHIL. Ungkapriau.com- Bupati Rokan Hilir (Rohil), H.Suyatno membenarkan daerah Kabupaten Rokan Hilir merupakan daerah yang terdiri dari gugusan pulau-pulau indah yang memiliki keragaman suku, budaya dan adat istiadat melayu yang luhur.

 

Selain memiliki keragaman suku, adat istiadat juga memiliki tradisi tahunan yang telah menyapa dunia dengan tradisi bakar tongkang di daerah itu.

 

Rokan Hilir dikenal dengan slogan Negeri seribu kubah yang kaya akan ragam budaya dan obyek pariwisataannya sejak daerah itu dibuka oleh warga etnis tionghoa pada zaman penjajahan belanda dengan luas wilayahnya mencapi 8.941 km² dan jumlah penduduknya mencapai 700 ribu jiwa lebih.

Disamping daerah ini memiliki sejarah pahit zaman penjajahan belanda itu dan kini daerah ini menyimpan banyak kekayaan budaya yang bernilai luhur yang secara turun temurun dilestarikan, seperti Ritual Bakar Tongkang dan banyak potensi pariwisatanya lainnya yang akan menyapa wisatawan lokal dan manca negara seperti Bakar Tongkang.

 

“Ritual Bakar Tongkang, menjadi agenda wisata tahunan dan menjadi pusat perhatian wisatawan lokal dan mancanegara, bahkan setiap tahunnya tradisi itu mampu menarik jumlah wisatawan berbagai daerah Pusat Jakarta, Malaysia, Singapura, Thailand, Taiwan hingga Tiongkok,” kata Bupati ini seusai peresmian pasar Ramadhan 1440 Hijriyah 2019 Masehi kepada media ini, Senin (6/5/2019).

Menurutnya, Seiring perkembangan daerah Negeri seribu kubah ini, pemerintah daerah menjadikan kegiatan Bakar Tongkang tersebut menjadi tradisi tahunan sebagai event sumber pariwisata serta promosi daerah.

 

Bupati Rohil H.Suyatno menjelaskan jumlah obyek wisata di daerahnya yang terus bertambah dan diminati para wisatawan lokal maupun luar. Pemerintah Daerah terus melakukan pembenahan pembangunan dibidang kepariwisataan. Tujuannya untuk meningkatkan arus kunjungan wisatawan ke daerah agar lebih signifikan lagi.

"Pemerintah daerah terus meningkatkan dan mempersiapkan sarana dan prasarana pendukung seperti perencanaan dan pengembangan pelabuhan laut Bagansiapiapi, Panipahan dan Sinaboi yang dipersiapkan sebagai pintu gerbang pendaratan penumpangan antar laut terdekat di negara tetangga Malaysia seperti Port Klang dan Port Dikson, dan lain sebagainya. Pentingnya pelabuhan ini dengan sasaran meningkatkan kunjungan wisatawan ke Pulau Jemur dan daerah lain," sebut Bupati Rohil.

 

Selain kekayaan budaya yang terdapat di Rokan Hilir juga terdapat beberap keindahan panorama alam yang terdapat didalamnya sebagai pariwisata yang layak dikunjungi sebagai salah satu tujuan wisata alam yang menarik di pulau sumatera (Rohil).

 

“Iya benar, beberapa tempat wisata alam yang menarik untuk dikunjungi di daerah ini yakni di Pulau Jemur. Pulau jemur ini merupakan sebuah pulau milik Indonesia yang terletak di Selat Malaka, dekat dengan perbatasan Malaysia yang terletak dalam wilayah Kecamatan Pasir Lima Kapas (Palika) kabupaten Rohil, Provinsi Riau,” jelasnya.

Bupati H. Suyatno menyebut Pulau Jemur terkenal dengan panorama Alam seperti pantai berpasir putih yang dihiasi dengan pepohonan rindang dan sebagai habitat penyu hijau dan perairan di sekitarnya yang dijadikan sebagai tempat penggiat nelayan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dari sektor nelayan.

“Siapapun yang berkunjung di pulau itu sangat mudah karena memiliki jembatan apung. Jadi tidak lagi mengandalkan pasang surut. Bagi wisatawan ke Pulau Jemur, sudah tersedia Fery cepat dengan menempuh 2 jam saja dari Bagansiapiapi,” jelas Bupati Rohil menambahkan.

 

Bupati ini juga menjelaskan keindahan Pulau Tilan. Pulau Tilan berada di tengah Sungai Rokan yang beralokasi di Kecamatan Tanah Putih menuju Desa Rantau Bais yang berjarak 21 KM dari Ujung Tanjung dengan melalui Jalan Lintas Sumatra Pekanbaru-Medan.

 

“Pulau Tilan dari simpang Jalan Desa Rantau Bais hanya berjarak 6 KM dari Jalan Raya Lintas Timur Sumatera Pekanbaru- Medan,” terang Bupati seraya menjelaskan Luas Pulau Tilan sekira 500 Hektar, berbagai pohon yang besar tumbuh dan juga terdapat rumput hijau alami yang membuat pengunjungnya terasa nyaman dan betah saat berada di pulau itu.

“Benar,  disana tersedia berbagai fasilitas penunjang untuk wisatawan seperti perahu penyeberangan, perahu memancing, gazebo, taman bermain, Volley Pantai, Dermaga serta lapangan Motor Cross,” ungkapnya.

Selain Pulau Jamur dan Pulau Tilan yang memiliki pesona indah di wilayah Kabupaten Rokan Hilir itu juga memiliki Danau Napangga yang memiliki pesona Alam yang indah, air danau yang begitu tenang sangat cocok untuk berenang.

Lokasi Danau Napangga sekitar 70 KM dari Ujung Tanjung, kecamatan Tanah Putih kabupaten Rokan Hilir. Tepatnya di Hulu Sungai Batang Kumuh Desa Tanjung Medan berbatasan dengan kabupaten Rokan Hulu dan provinsi Sumatera Utara.

Menurut sejarah, danau ini memiliki keunikan tersendiri, tempat persinggahan dan peristirahatan raja dan permaisuri pada zaman dahulu.
Sebagai danau yang alami, terdapat sumber ikan arwana di danau ini. (ADV/Redaksi)

*
[ Kembali ]
Berita Lainnya
Gelar Halal Bi Halal
Polsek Ujung Batu Santuni Anak Yatim Bersama Tokoh Masyarakat
Wakil Bupati Rohil H Jamaluddin
Resmi Melantik 5 Pejabat Eselon III dan IV Dilingkungan Pemkab Rohil
Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Riau Peduli Ekonomi Masyarakat Rohil:
Kelompok Budidaya Dapat Bantuan Bibit Kerang dan Kepiting
Kejar Target Realisasi Pembangunan
Bupati Rohil Tetap Prioritaskan Tiga Rencana Pembangunan
Resmikan Pasar Ramadhan 1439.H
Plh Sekda H.Ferry H Parya Puji Kinerja Disperindagsar Rohil
22:56 Intelijen LSM LPPN-RI Mengaku Dianiaya Oknum ASN Dishub Pelalawan
05:21 Arlianus Hulu Diduga Menggunakan Ijazah Palsu
22:48 Pranseda S, SH: 1 Miliar Dana Pembiayaan Event Surfing Bono Kementrian Diluar APBD diPertanyakan
21:07 Suswanto S.Sos: 16 Miliar Dana Program Jamkesda dan Jampersal Pelalawan T.A 2018 di Pertanyakan
21:15 Sekretaris LSM-KPK Pranseda Simanjuntak SH Meminta Bupati Harris Evaluasi Kinerja OPD
19:00 Andi Yuliandri S.Kom: Keseluruhan Paket Pekerjaan Fisik Tahun 2019 Tidak Hafal
17:40 Bupati Harris Damping Rombongan PWI Pelalawan
02:36 Edi Arifin S.Sos: Keindahan dan Keasrian Lingkungan Tanggungjawab Bersama
18:18 Sekretaris LSM KPKN Pranseda S SH Meminta Transparansi Penggunaan Dana APBD Provinsi dan APBD Pelalawan
22:09 Hardian Syahputra ST,MT Pastikan Seluruh Kegiatan Fisik Selesai Akhir Desember 2019
04:20 Hardian S, ST,MT Bantah LSM Menuding Proyek Jalan Dalam Kota Kerinci Tak Sesuai Speksifikasi
17:19 Jembatan Penghubung 4 Desa di Inhil Butuh Perhatian Serius
05:43 Bupati HM.Harris Tekankan Inovasi Baru
03:41 Panitia Selenggarakan Pertandingan Open Turnamen Volly IKN CUP Ke-III
19:52 Proyek Siluman Pemda Bengkalis Tersebar di Wilayah Kecamatan Pulau Rupat
21:24 AKBP Andi Salamon Tes Urine ASN di 30 SKPD Pelalawan
16:42 Suku Akit Peranakan Tionghoa Resmi di Kukuhkan
18:39 Anita Dahlan Sapa Penggemarnya Lewat Radio Indra 98,5 Fm
08:59 Alfedri Tutup Serindit Boat Race, Kota Bekasi duduki peringkat Pertama
00:16 Bupati H.M.Harris Membuka Lomba Pidato Tingkat SMA/Sederajat se-Kabupaten Pelalawan
Home | Politik | Ekonomi | Olahraga | Pendidikan | Budaya | Hukum | Hiburan | Nasional | Internasional | Galeri Foto | Tokoh | Opini | Pekanbaru | Pelalawan | Dumai | Bengkalis | Siak | Kampar | Inhu | inhil | Kuansing | Rohul | Rohil | Meranti | Surat Pembaca | Redaksi