Bupati Rokan Hilir
H. Suyatno: Sejumlah Pariwisata Alam Rohil Menyapa Wisatawan Lokal dan Manca Negara
Penulis: Redaksi UR | Kamis, 09 Mei 2019 | 00:07 WIB Dibaca: 194 kali

Doc foto Bupati Rokan Hilr H Suyatno menjelaskan sejumlah pulau yang ada di daerah Kabupaten Rokan Hilir memiliki potensi pariwisata yang menarik dikunjungi oleh wisatawan lokal dan manca negara

ROHIL. Ungkapriau.com- Bupati Rokan Hilir (Rohil), H.Suyatno membenarkan daerah Kabupaten Rokan Hilir merupakan daerah yang terdiri dari gugusan pulau-pulau indah yang memiliki keragaman suku, budaya dan adat istiadat melayu yang luhur.

 

Selain memiliki keragaman suku, adat istiadat juga memiliki tradisi tahunan yang telah menyapa dunia dengan tradisi bakar tongkang di daerah itu.

 

Rokan Hilir dikenal dengan slogan Negeri seribu kubah yang kaya akan ragam budaya dan obyek pariwisataannya sejak daerah itu dibuka oleh warga etnis tionghoa pada zaman penjajahan belanda dengan luas wilayahnya mencapi 8.941 km² dan jumlah penduduknya mencapai 700 ribu jiwa lebih.

Disamping daerah ini memiliki sejarah pahit zaman penjajahan belanda itu dan kini daerah ini menyimpan banyak kekayaan budaya yang bernilai luhur yang secara turun temurun dilestarikan, seperti Ritual Bakar Tongkang dan banyak potensi pariwisatanya lainnya yang akan menyapa wisatawan lokal dan manca negara seperti Bakar Tongkang.

 

“Ritual Bakar Tongkang, menjadi agenda wisata tahunan dan menjadi pusat perhatian wisatawan lokal dan mancanegara, bahkan setiap tahunnya tradisi itu mampu menarik jumlah wisatawan berbagai daerah Pusat Jakarta, Malaysia, Singapura, Thailand, Taiwan hingga Tiongkok,” kata Bupati ini seusai peresmian pasar Ramadhan 1440 Hijriyah 2019 Masehi kepada media ini, Senin (6/5/2019).

Menurutnya, Seiring perkembangan daerah Negeri seribu kubah ini, pemerintah daerah menjadikan kegiatan Bakar Tongkang tersebut menjadi tradisi tahunan sebagai event sumber pariwisata serta promosi daerah.

 

Bupati Rohil H.Suyatno menjelaskan jumlah obyek wisata di daerahnya yang terus bertambah dan diminati para wisatawan lokal maupun luar. Pemerintah Daerah terus melakukan pembenahan pembangunan dibidang kepariwisataan. Tujuannya untuk meningkatkan arus kunjungan wisatawan ke daerah agar lebih signifikan lagi.

"Pemerintah daerah terus meningkatkan dan mempersiapkan sarana dan prasarana pendukung seperti perencanaan dan pengembangan pelabuhan laut Bagansiapiapi, Panipahan dan Sinaboi yang dipersiapkan sebagai pintu gerbang pendaratan penumpangan antar laut terdekat di negara tetangga Malaysia seperti Port Klang dan Port Dikson, dan lain sebagainya. Pentingnya pelabuhan ini dengan sasaran meningkatkan kunjungan wisatawan ke Pulau Jemur dan daerah lain," sebut Bupati Rohil.

 

Selain kekayaan budaya yang terdapat di Rokan Hilir juga terdapat beberap keindahan panorama alam yang terdapat didalamnya sebagai pariwisata yang layak dikunjungi sebagai salah satu tujuan wisata alam yang menarik di pulau sumatera (Rohil).

 

“Iya benar, beberapa tempat wisata alam yang menarik untuk dikunjungi di daerah ini yakni di Pulau Jemur. Pulau jemur ini merupakan sebuah pulau milik Indonesia yang terletak di Selat Malaka, dekat dengan perbatasan Malaysia yang terletak dalam wilayah Kecamatan Pasir Lima Kapas (Palika) kabupaten Rohil, Provinsi Riau,” jelasnya.

Bupati H. Suyatno menyebut Pulau Jemur terkenal dengan panorama Alam seperti pantai berpasir putih yang dihiasi dengan pepohonan rindang dan sebagai habitat penyu hijau dan perairan di sekitarnya yang dijadikan sebagai tempat penggiat nelayan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dari sektor nelayan.

“Siapapun yang berkunjung di pulau itu sangat mudah karena memiliki jembatan apung. Jadi tidak lagi mengandalkan pasang surut. Bagi wisatawan ke Pulau Jemur, sudah tersedia Fery cepat dengan menempuh 2 jam saja dari Bagansiapiapi,” jelas Bupati Rohil menambahkan.

 

Bupati ini juga menjelaskan keindahan Pulau Tilan. Pulau Tilan berada di tengah Sungai Rokan yang beralokasi di Kecamatan Tanah Putih menuju Desa Rantau Bais yang berjarak 21 KM dari Ujung Tanjung dengan melalui Jalan Lintas Sumatra Pekanbaru-Medan.

 

“Pulau Tilan dari simpang Jalan Desa Rantau Bais hanya berjarak 6 KM dari Jalan Raya Lintas Timur Sumatera Pekanbaru- Medan,” terang Bupati seraya menjelaskan Luas Pulau Tilan sekira 500 Hektar, berbagai pohon yang besar tumbuh dan juga terdapat rumput hijau alami yang membuat pengunjungnya terasa nyaman dan betah saat berada di pulau itu.

“Benar,  disana tersedia berbagai fasilitas penunjang untuk wisatawan seperti perahu penyeberangan, perahu memancing, gazebo, taman bermain, Volley Pantai, Dermaga serta lapangan Motor Cross,” ungkapnya.

Selain Pulau Jamur dan Pulau Tilan yang memiliki pesona indah di wilayah Kabupaten Rokan Hilir itu juga memiliki Danau Napangga yang memiliki pesona Alam yang indah, air danau yang begitu tenang sangat cocok untuk berenang.

Lokasi Danau Napangga sekitar 70 KM dari Ujung Tanjung, kecamatan Tanah Putih kabupaten Rokan Hilir. Tepatnya di Hulu Sungai Batang Kumuh Desa Tanjung Medan berbatasan dengan kabupaten Rokan Hulu dan provinsi Sumatera Utara.

Menurut sejarah, danau ini memiliki keunikan tersendiri, tempat persinggahan dan peristirahatan raja dan permaisuri pada zaman dahulu.
Sebagai danau yang alami, terdapat sumber ikan arwana di danau ini. (ADV/Redaksi)

*
[ Kembali ]
Berita Lainnya
Perkuat Ketahanan Pangan Daerah,
Bupati H.Suyatno,AMp Contohkan Semangat Tanam Padi Bersama Dandim 0321 Rohil
Bupati Rokan Hilir,
H.Suyatno Serahkan Bantuan Sembako Dari YMMTI Ke Tukang Becak
Hasil Perjuangan Bupati Rohil
H.Suyatno A.Mp: Kemen PUPR RI Kabulkan Usulan Pembangunan Jalan Lintas Ujung Tanjung Bagansiapiapi 2020
Bupati Rokan Hilir
H.Suyatno,A.Mp Hadiri Pisah sambut Pejabat Setda Rohil
Bupati Rohil
H.Suyatno Berjanji Akan Bangun Seluruh Ruas Jalan Berkondisi Rusak 2020-2021
20:58 Ketua ICMI, Eric Suhenra Pertanyakan Kehadiran Adi Sukemi-M.Rais Setiap Penyerahan BLT-DD
04:55 Adi Sukemi ST,MM: Baca Dulu Fungsi Anggota Dewan Baru Bertanya
19:11 Eric Suhenra,S.I.Kom Pertanyakan Kinerja Anggota DPRD Riau Asal Dapil Siak-Pelalawan
15:39 H.Syafrizal,SE: Ada Politik Terselubung Pilkada Desember 2020
20:12 Pranseda S,SH: Pemangkasan Dana Publikasi di Dewan Mengundang Kekecewaan Media
01:45 H.Anton S. S.Ud: Jangan Jadikan Momen Penyerahan BLT-DD Covid-19 Alat Pilkada 2020
18:50 Samsul Bahri Sayangkan Pemangkasan Dana Media di Dewan
22:43 Adi Sukemi, ST,MM: Pemangkasan Dana Publikasi Media Instruksi Pemerintah Pusat
21:57 Hardian Syahputra ST,MT: 15 Paket Pekerjaan Fisik T.A 2020 Sudah Selesai di Uplod di ULP
22:11 Ishar D Meminta Boikot Pemberitaan Kegiatan Seremonial Dewan
06:44 DPP MOI Yakini 210 Wartawan Siap Mengikuti Program UKW
20:06 AKBP Indra Wijatmiko Janjikan Umroh Gratis Untuk Penangkap Narkoba 2 Kg
22:26 Nophy T Suoth,SH,MH: Perkara Karhutla PT Adei Platations And Industry Memasuki Tahap II
02:37 AKBP Indra Wijatmiko,SH,SIK Irup Upacara Kenaikan Pangkat Personil Polres Pelalawan
04:04 LSM-KPK Meminta Keterlibatan Kasmarni di Kasus Hutan Bengkallis Dibuka Kembali
05:46 SYAMSIR Sosialisasikan Pencegah Covid-19 Melalui Lagu Ciptaanya Judul: Ayo Pakai Masker
20:23 Pesawat Tempur Milik TNI-AU Meledak dan Menimpa Pemukiman Masyarakat Kubang Jaya
20:28 Polsek Pkl Kuras Berhasil Tangkap 2 Pelaku Curanmor
19:31 AKP M.Faizal Ramzani Torehkan Prestasi dan Apresiasi Penangkapan Narkotika di Wilkumnya
03:26 Kapolres AKBP Indra Wijatmiko,SH,S.Ik Salurkan bantuan Sembako Beras Sebanyak 11 Ton
Home | Politik | Ekonomi | Olahraga | Pendidikan | Budaya | Hukum | Hiburan | Nasional | Internasional | Galeri Foto | Tokoh | Opini | Pekanbaru | Pelalawan | Dumai | Bengkalis | Siak | Kampar | Inhu | inhil | Kuansing | Rohul | Rohil | Meranti | Surat Pembaca | Redaksi